Bila diesel tidak berfungsi sebagaimana mestinya, lakukan langkah-langkah berikut untuk mecari penyebabnya :
Diesel Sulit Dihidupkan
TROUBLESHOOTING |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO | PENYEBAB |
| CARA MENANGGULANGI |
1 | Bahan bakar tinggal sedikit dan tidak mau mengalir | A | Periksa tangki bahan bakar dan saringan solar |
|
| B | Buanglah air,kotoran,atau benda penyumbat lainnya |
|
| C | Bilamana terdapat air atau benda-benda asing yg lainnya, |
|
|
| Bersihkan fuel filter dengan menggunakan minyak tanah |
2 | Udara atau air masuk kedalam sistem bahan bakar | A | Buanglah air yang masuk kedalam sistem bahan bakar |
|
| B | Periksa sambungan-sambungan selang bahan bakar untuk |
|
|
| Memastikan bahwa sambungan tersebut cukup kencang |
|
| C | Buang udara dari sistem bahan bakar sesuai dengan |
|
|
| Prosedur |
3 | Adanya kerak karbon (arang) pada lubang injection nozzle | A | Bersihkan Injection nozzle dengan seksama untuk mencegah |
|
|
| Rusaknya lubang injection nozzle.keadaan ini biasanya disebabkan |
|
|
| Oleh tercampurnya bahan bakar dengan air atau kotoran lain |
|
| B | Periksa tekanan injection nozzle bila tekanan tidak sesuai perbaiki |
|
|
| Injection nozzle tersebut atau ganti dengan yang baru |
4 | Celah katup tidak tepat | A | Setel celah katup dengan jarak 0.18-0.22 mm(0.007-0.0087 in) |
|
|
| Pada saat diesel dingin |
5 | Katup bocor | A | Sekur atau gerinda katup yang bocor |
6 | Injection timming tidak tepat | A | Setel injection timming sesuai dengan spesifikasinya yaitu 18”(0.31 rad) |
|
|
| Sebelum TMA |
7 | Kompresi Rendah | A | Katup rusak atau bocor,gerinda atau ganti |
|
| B | Piston ring bocor atau aus, ganti yang baru |
|
| C | Piston aus, ganti dengan yang baru |
|
| D | Dinding silinder aus, perbaiki atau ganti |
0 komentar:
Posting Komentar